Sering mendengar kata “presentasi” bukan?? Di postingan
sebelumnya saya juga sudah menjelaskan bahwa desain presentasi merupakan salah satu produk yang ditawarkan oleh Tata Warna, baik itu desain presentasi flash, desain presentasi
power point maupun desain presentasi
video. Definisi presentasi
sendiri itu sebenernya apa sih??
Presentasi adalah suatu kegiatan
berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. presentasi merupakan kegiatan pengajuan
suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain. Berbeda dengan pidato
yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam
acara bisnis.
Setelah mengetahui definisi presentasi, saya akan membahas
tentang fungsi presentasi untuk
perusahaan-perusahaan. Berikut fungsi-fungsinya:
1. Menyampaikan informasi
Banyak pada perusahaan-perusahaan
melakukan presentasi hanya bertujuan menyampaikan berupa informasi saja.
Informasi/pesan yang disampaikan bisa bersifat biasa, penting atau bahkan
rahasia. Perusahaan mengundang seseorang yang dianggap pantas untuk
menyampaikan informasi sesuai tema yang telah ditentukan. Dalam hal ini
pembicara memiliki keahlian sesuai dengan bidang dan pengalamannya.
2. Mempengaruhi
Presentasi untuk mempengaruhi
orang lain dilakukan ketika Anda ingin audiens melakukan sesuatu. Presentasi
seperti ini biasanya tersirat apa yang harus dilakukan audiens setelah selesai
mendengarkan presentasi Anda. Apakah mereka akan membeli produk, menyetujui
proposal, menerima ide, atau melakukan suatu tindakan Presenasi jenis ini biasa
digunakan seorang salesman untuk mempromosikan barang dagangannya.
3. Memotivasi dan menginspirasi pendengar untuk melakukan
suatu tindakan
Demi tercapainya suatu tujuan
perusahaan, seorang pimpinan dituntut untuk mengarahkan dan membimbing para
karyawannya agar dapat bekerja secara maksimal dan tidak lupa untuk
memperhatikan kualitasnya. Selain diberi arahan dan bimbingan, pimpinan
perusahaan juga dapat melakukan motivasi agar para karyawannya dapat bekerja
dengan semangat yang tinggi. Kegiatan memotivasi tersebut dapat dilakukan
dengan mengadakan suatu forum. Forum tersebut terdiri dari para karyawan dimana
bertindak sebagai pendengar, sedangkan yang bertindak sebagai pembicara yaitu
pihak pimpinan perusahaan itu sendiri. Pimpinan bertugas untuk menyampaikan
informasi yang bersangkutan dengan tujuan perusahaan serta memotivasinya, baik
dengan cara mempromosikan karyawan maupun kenaikan gaji karyawan.
4. Melakukan penjualan
Tujuan presentasi yang keempat
yaitu melakukan penjualan. Hal ini bersangkutan dengan perusahaan yang ingin
mempromosikan suatu produk tertentu. Perusahaan menugaskan kepada salah seorang
atau kelompok karyawan untuk mempromosikan produknya kepada calon pembeli.
Karyawan tersebut dibekali pengetahuan mengenai produk dan dibantu dengan alat
bantu peraga untuk memudahkan penyampaian pesan.
5. Membuat suatu ide atau gagasan
Presentasi yang dilakukan hanya
bertujuan untuk memunculkan suatu ide/gagasan dari para peserta pendengar. Tipe
tujuan ini biasanya diterapkan pada suatu perusahan/organisasi yang mengalami
suatu masalah yang sulit untuk dipecahkan sehingga membutuhkan pendapat/argumen
orang lain untuk memecahkannya. Forum yang dilakukan sering dikenal dengan
istilah rapat. Perusahaan mengundang peserta rapat yang dianggap penting
baginya serta dapat memunculkan suatu ide/gagasan sehingga secara tidak
langsung dapat membantu suatu tujuan perusahaan.
6. Memperkenalkan perusahaan
Presentasi demikian biasa
digunakan ketika ingin memperkenalkan suatu perusahaan. Biasanya presentasi
jenis ini berisi tentang sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan, logo
perusahan dan lain-lain. Presentasi jenis ini biasanya digunakan oleh
perusahaan-perusahaan baru agar bisa dikenal oleh masyarakat.
0 komentar:
Posting Komentar