Beberapa waktu yang lalu saya
pernah memposting artikel tentang corporate
idetinty, mulai dari definisi
sampai corporate identity sebagai
salah satu produk yang ditawarkan Tata
Warna. Seperti sebelumnya, sebelum membahas tentang fungsi corporate identity, saya akan membahas tentang definisi corporate identity
Identitas perusahaan atau corporate identity adalah "persona" yang dirancang untuk memfasilitasi
pencapaian tujuan bisnis. Hal ini biasanya diwujudkan dengan branding dan
penggunaan merek dagang.
Sedangkan menurut beberapa ahli, definisi corporate identity adalah
sebagai berikut:
Identitas korporat (corporate identity) menurut M. Linggar
Anggoro ( 2000:280) adalah suatu
cara atau suatu hal yang memungkinkan suatu perusahaan dikenal dan dibedakan
dari perusahaan-perusahaan lainnya. Ia juga menyebutkan bahwa identitas
perusahaan harus diciptakan melalui suatu rancangan desain khusus yang meliputi
hal-hal unik atau khas tentang perusahaan yang bersangkutan secara fisik.
Rhenald Kasali (
2003:110-114) dalam buku Manajemen
Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia mengatakan bahwa identitas
perusahaan atau identitas korporat disebut juga sebagai simbol perusahaan,
apakah berbentuk logo perusahaan atau lambang lainnya. Simbol selain dimaksud
agar lebih mudah diingat oleh konsumen juga agar dijiwai oleh segenap
karyawannya. Simbol sangat penting bagi perusahaan yang bergerak di sektor jasa
yang menjaga pelayanan, kredibilitas, dan keramahan manusia di dalamnya.
Setelah mengetahui definisi corporate identity secara umum
maupun berdasarkan definisi para
ahli, saya akan membahas tentang fungsi
corporate identity. Corporate Identity
memiliki 4 fungsi, 4 fungsi tersebut antara lain adalah:
1. Sebagai alat yang
menyatukan strategi perusahaan.
Sebuah corporate identity yang baik harus sejalan dengan rencana
perusahaan tersebut - bagaimana perusahaan itu sekarang dan bagaimana di masa
yang akan datang. Selain itu corporate
identity harus dapat dengan tepat mencerminkan image perusahaan, melalui produk
dan jasanya.
2. Sebagai landasan dari
sistem operasional suatu perusahaan.
Hal ini disebabkan corporate identity adalah suatu image
yang ingin dibentuk di benak konsumen sehingga seluruh personil harus mampu
menghayatinya terutama ketika menjalankan operasional perusahaan sehari-hari
3. Sebagai pendiri jaringan network
yang baik.
Sebuah perusahaan yang berimage
positif, stabil, dapat dipercaya dan diandalkan akan menarik perhatian para
investor untuk menanamkan modal dalam perusahaan tersebut. Jenis perusahaan
yang seperti ini juga yang mendapat banyak keringanan saat ia membutuhkan
tambahan modal dari bank. Produk-produk dari perusahaan ini juga mungkin
menjadi produk yang paling laku dan digemari di pasar.
4. Alat jual dan promosi.
Corporate identity
merupakan alat jual bagi perusahaan untuk produk-produk yang sekarang ada atau
produk yang akan dikembangkan. Karena image yang positif dari suatu perusahaan
akan membuat konsumen percaya dan nyaman akan perusahaan itu dan percaya pula
dengan produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut merupakan produk
berkualitas terbaik.
0 komentar:
Posting Komentar